Minggu, 31 Maret 2013

Percy Jackson&The Olympians, The Last Olympian

 
Judul               : Percy Jackson & The Olympians, The Last Olympian

Penulis             : Rick Riordan

Tahun terbit     : Juni, 2010

Jumlah hal       : 454 hal

Penerbit           : Mizan Fantasi

 

Anak blasteran dari Dewa tertua akan mencapai enam belas setelah lewati bahaya dan saksikan dunia dalam tidur abadi, jiwa sang pahlawan, bilah terkutuk yang akan menghabisi, satu pilihan akan akhiri usianya, Olympus tetap lestari.

 

Seminggu sebelum ulang tahunnya, Percy diberitahu tentang Ramalan Besarnya secara utuh oleh Roh sang Oracle. Sebelum tahu tentang ramalan besarnya ia telah kehilangan Buckendorf saat melawan Kronos di kapal. Kemudian keadaan semakin memburuk setelah ia tahu tentang ramalan tersebut.dunia sedang di ambang kiamat. Di laut, istana ayahnya diserang oleh Oceanus, dan mereka mulai kewalahan. Sedangkan di dunia, para Dewa dan Dewi sedang berusaha melawan Thypon yang tak terkalahkan yang sedang menuju Olympus. Tak hanya itu, para blasteran harus menghadapi invasi besar-besaran yang dilakukan oleh Kronos dari segala penjuru yang juga mengarah ke Olympia. Untuk menghadapi Kronos, Percy mengikuti saran dari Nico de Angelo putra dari Hades yaitu dengan menceburkan diri dalam Styx, dan akhirnya memperoleh kekebalan yang sama dengan Luke (yang tubuhnya dirasuki oleh Kronos).

Selama 7 hari, perang telah berlangsung. Keadaan sudah semakin kritis. Para Dewa Dewi semakin kewalahan menghadapi Typhon, begitu pun para blasteran yang menhadapi Kronos. Ketika bala bantuan sudah datang, pasukan dari Poseidon, Hades, serta anak-anak blasteran dari pondok Ares, akhirnya Thypon dapat dikalahkan. Akan tetapi, Kronos berhasil memasuki Olympia. Setelah terjadi pertarungan sengit antara Annabeth, Percy dan Grifon melawan Kronos, akhirnya ditengan kesadaran Luke (sang pemilik tubuh Kronos) akhirnya  Luke membunuh dirinya, sehingga Kronos dapat dihancurkan dan Olympia pun terselamatkan.

Novel ini merupakan buku ke-5 dari kelima seri Percy Jackson. Saat membaca novel ini, saya sempat teringat dengan novel Harry Potter dan Lord of The Ring yang sama-sama menceritakan tentang kahir dunia pada akhirnya. Menurut kacamata saya, ini hampir-hampir mirip dengan Harry Potter yang kisah akhirnya juga didasarkan pada Ramalan. Membaca novel ini, saya merasa seakan-akan Dew Dewi Yunani ini benar-benar nyata dan ada.

Dalam setiap novel biasanya ada kisah cintanya, ya kan. Nah dinovel ini juga ada, kisah cinta segitiga antara Percy, Rachel dan Annabeth. Rumit ketika Percy menyadari ia harus memilih satu diantara dua. Akan tetapi, pada akhirnya Rachel memilih jalannya sendiri dengan menjadi Oracle. Secara keseluruhan, novel ini sangat menarik, walaupun bahasanya campur aduk (formal dan non formal) tetapi tidak mengurangi derajat ke-menarik-an dari novel ini. satu hal yang kurang adalah covernya yang kurang menarik walaupun gambarnya mencerminkan isi dari bukunya. Satu hal yang bisa saya ambil dari novel ini adalah menjadi seseorang yang tidak diakui keberadannya akan menjadikan orang itu mamapu melakukan hal-hal yang diluar dirinya, dan bisa menjadikan dirinya berubah menjadi jahat. Karena sebenarnya pengakuan akan eksistensi diri seseorang itu sendiri merupakan kebutuhan dasar manusia. Nah, monggo, novel ini sangat menari untuk di baca J

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.